Selamat datang di website resmi Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja Sumenep. Mohon maaf, saat ini website masih dalam proses rebuilding... segala fitur dan menu masih belum bisa diakses secara sempurna..

Visi Misi

Cita-cita luhur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja (FKIP-Unija) di masa yang akan datang tertuang dalam visi FKIP-Unija, yaitu:

"Menjadikan FKIP Universitas Wiraraja Sebagai Lembaga Pendidikan Berbasis karya ilmiah yang Mengembangkan kearifan budaya Madura serta wilayah pesisir Madura dan Menghasilkan Guru yang Profesional Dan Berkarakter pada Tahun 2024."

Visi FKIP memiliki beberapa frasa kunci yang dapat diuraikan untuk memperjelas makna dan rumusan visi tersebut:

1. Lembaga Pendidikan Berbasis Karya Ilmiah

Berarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki Program Studi yang menyelenggarakan perkuliahan yang mengacu pada hasil riset dengan mendorong dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah secara individual maupun bersama-sama serta mampu memublikasikannya pada media ilmiah.

2. Mengembangkan Kearifan Budaya Madura

Berarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan riset dan perkuliahan terutama untuk dapat mengembangkan Budaya Madura melalui dunia pendidikan. Hasil-hasil riset di bidang pendidikan berbasis Budaya Madura pada akhirnya juga diimplementasikan dalam perkuliahan dan praktikum yang dapat menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru di Madura.

3. Mengembangkan Wilayah Pesisir Madura

Berarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan riset dan perkuliahan yang terutama dapat mengembangkan dunia pendidikan di wilayah pesisir Madura. Hasil-hasil riset di bidang pendidikan berbasis kultur pesisir pada akhirnya juga diimplementasikan dalam perkuliahan dan praktikum yang dapat menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru di wilayah pesisir.

4. Guru yang Profesional dan Berkarakter

Berarti guru yang diluluskan harus memiliki kompetensi standar seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 1 yang menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.

5. Tahun 2024

Berarti visi ini diharapkan dapat benar-benar terwujud pada tahun 2024.

Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan disusun sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional di bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi yang profesional untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan profesi keguruan terutama di wilayah Madura.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat terutama di wilayah Madura yang sesuai dengan kebutuhan di bidang pendidikan.