HIMA SECO GOES TO MUSWIL II FORMIPA

FORMIPA Indonesia (Forum Mahasiswa Pendidikan IPA) merupakan salah satu aliansi atau perkumpulan seluruh Mahasiswa Pendidikan IPA se-Indonesia.  Awal terbentuknya FORMIPA ini dari Study Banding antara Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ke Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun 2007 yang menghasilkan terjalinnya motivasi untuk membentuk forum nasional IPA. Dari Study Banding antara kedua kampus tersebut sebagai promotor terbentuknya FORMIPA Nasional sembari menanti hadirnya Prodi Pendidikan IPA (Sains) di Universitas lain berdiri. Alhasil, dideklarasikanlah Forum Mahasiswa Pendidikan IPA (Sains) Indonesia dalam Musyawarah Nasional yang pertama di Universitas Negeri Semarang yang memulai peradaban Pendidikan IPA (Sains) masa kini dengan semangat “Satu Hati: Dari IPA Untuk Indonesia”, begitulah cikal bakal singkat tentang berdirinya FORMIPA Indonesia. Seiring berjalannya waktu hingga tahun 2018 kemarin dalam Musyawarah Nasional ke VII (MUNAS) yang bertempat di Serang Banten anggota FORMIPA bertambah anggotanya menjadi 21 Universitas.

Musyawarah Nasional ke VII yang diselenggarakan tahun 2018 kemarin telah membahas terkait pelaksanaan Program Kerja yang dimiliki oleh FORMIPA sendiri, dimana tidak mendapatkan titik terang terkait teknis dalam memaksimalkan pelaksanaan Program Kerja FORMIPA antar Universitas yang tergabung dalam FORMIPA. Maka dibentuklah petak  perwilayah agar mempermudah dalam menjalankan dan melaksanakan Program Kerja FORMIPA, ada Wilayah I (Jawa Tengah, DIY, dan Pulau Kalimantan), Wilayah II (Jawa Timur, Bali, Pulau Sulawesi dan wilayah Indonesia timur), dan Wilayah III (Jawa Barat, banten, DKI Jakarta dan Pulau Sumatra).

Tepat pada tanggal 02-03 Desember 2018 kemarin kali pertama MUSWIL II FORMIPA (Musyawarah Wilayah II) yang bertempat di Universitas Trunojoyo Madura selaku Koordinator diwilayah II. Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA UNIJA atau yang lebih dikenal HIMA SECo berkesampatan hadir dan mengikuti MUSWIL II FORMIPA ini mewakili seluruh Mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UNIJA dalam berpartisipasi serta membangun relasi dengan Universitas lain di seluruh daerah di Indonesia khususnya daerah Jawa Timur. Pada pelaksanaan MUSWIL II ini terdapat 5 Universitas yang hadir sebagai delegasi dari masing-masing Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA dari Universitas lain, diantaranya HMP Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember, HMP Pendidikan IPA  IAIN Jember, HMP Pendidkan IPA IAIN Ponorogo, HMP Pendidkan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, HIMA Pendidikan IPA Universitas Wiraraja Sumenep.

Dengan terselenggaranya MUSWIL II FORMIPA ini membuka jaringan relasi yang cukup luas dalam mengembangkan eksistensi HIMA SECo kedepan serta mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sistem keorganisasian HIMA SECo dengan cakap dalam bersosialisasi, bertukar pikiran, dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA di Universitas-universitas lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top